RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tabligh Akbar: Pendidikan Anak dalam Islam (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat
131 Dilihat

Deskripsi

Ceramah ini adalah rekaman tabligh akbar yang disampaikan di Masjid Al-Ukhuwah, Jl. Wastukencana no. 27, Bandung pada Ahad pagi, 4 Jumadal Akhirah 1437 / 13 Maret 2016, pukul 09:00-11:40 WIB. Pada tabligh akbar ini, Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat mengetengahkan sebuah tema yang sangat penting bagi setiap keluarga Muslim, yaitu “Pendidikan Anak dalam Islam“. Ceramah agama berikut diangkat dari sebuah buku karya sang pemateri, “Menanti Buah Hati dan Hadiah untuk Yang Dinanti“. Mari bersama-sama kita simak ceramahnya dan mengambil faedah-faedah darinya.

Pendidikan Anak dalam Islam
Kajian ilmiah kita insya Allah Ta’ala pada hari ini mengenai “Tarbiyatul Awlad“, (yaitu) “Pendidikan terhadap Anak“, yang dimaksud adalah pendidikan agama Islam secara kaffah (menyeluruh) yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi yang mulia ‘alaihish shalatu was salam, karena sebenar-benar orang yang berpendidikan ialah yang dididik oleh Al-Kitab (Al-Qur’an) dan Sunnah Nabi yang mulia ‘alaihish shalatu was salam.

Kewajiban untuk mendidik anak kita akan agama Allah ada di pundak kita. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارً‌ا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَ‌ةُ … ﴿التحريم : ٦﴾
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; …” (QS At-Tahrim [66]: 6)

Ayat yang mulia ini menjadi dasar pendidikan di dalam keluarga orang-orang yang beriman. Ayat ini merupakan dasar yang sangat besar tentang pendidikan di dalam keluarga orang-orang yang beriman, yakni wajib hukumnya bagi setiap bapak dan suami memelihara dan menjaga anak-anak dan istri-istri mereka dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu.

Dalam sebuah hadits shahih yang dikeluarkan oleh Al-Imam Al-Bukhari, Muslim, dan lain-lain dalam hadits yang panjang, yang di awalnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ
“Setiap kamu adalah pemimpin.”

Kemudian beliau bersabda:

وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ ومَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Seorang laki-laki (seorang suami / bapak) itu adalah pemimpin di dalam keluarganya (istri dan anaknya), dan nanti (pada hari kiamat), dia akan ditanya tentang kepemimpinannya tersebut.”

Kita semua sebagai bapak / suami akan ditanya nanti pada hari kiamat oleh Allah. Kita mohon kepada Allah keselamatan di dunia dan di akhirat.

Kita pasti akan ditanya tentang kepemimpinan kita, sudahkah kita jaga keluarga kita dari api neraka Jahannam atau bahkan kita lemparkan mereka ke dalam neraka Jahannam?

Tentu (hal) ini tentu harus dengan pendidikan, pendidikan agama. Dan yang pertama kita jaga adalah diri kita dahulu, kita belajar agama, agama Islam yang mulia ini, agamanya para nabi dan rasul.

Jangan lewatkan video ceramah penuh manfaat tentang pendidikan anak dan bantu bagikan ini kepada saudara Muslimin lainnya.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=20123
Rodja.TV: http://rodja.tv/2089

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS