Tafsir Al-Quran: Surat Al-Baqarah ayat 109-110 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam,Lc)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
197 Dilihat
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 109 – 110 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV pada Selasa, 25 Dzul Qa’idah 1439 H / 07 Agustus 2018 M.
KAJIAN TAFSIR AL-QURAN: TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 109 – 110
Dalam ayat ke 109 ini Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَدَّ كَثِيرٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يَرُدُّونَكُم مِّن بَعْدِ إِيمَانِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِّنْ عِندِ أَنفُسِهِم مِّن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْحَقُّ ۖ فَاعْفُوا وَاصْفَحُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّـهُ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ اللَّـهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴿١٠٩﴾

“Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah[2]: 109)

Inilah, kedengkian itulah yang menghalangi banyak manusia dari mengikuti kebenaran. Orang yang memiliki sifat dengki, dia akan sulit mengikuti kebenaran. Terutama jika kebenaran itu datang dari orang yang ia dengki. Maka kemudian Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kaum muslimin tentang bagaimana bersikap kepada mereka. Allah memerintahkan kita untuk memaafkan dan berpaling dari mereka. Jangan sibukkan diri kita dengan perbuatan mereka yang mereka memang dengki kepada kaum muslimin.
FAIDAH AYAT:
Syaikh Utsaimin rahimahullah mengatakan faidah dari ayat ini:

Pertama, disini Allah menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani sangat memusuhi umat Islam. Sampai detik ini mereka berusaha menghalangi umat Islam. Berbagai macam cara digunakan agar umat Islam kembali kepada kekafiran dan bahkan umat Islam benci kepada agamanya sendiri. Hal ini karena kebencian mereka kepada Islam.

Kedua, kekafiran setelah keislaman disebut dengan ردة (murtad). Diantara faidah ayat ini bahwa hasad atau dengki adalah sifat Yahudi dan Nasrani. Maka dari itu ayat ini menunjukkan haramnya hasad.
selamat menyimak semoga bermanfaat,
Anda dapar mendownload Audi Kajian : https://rodja.id/20q
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/
Kategori
Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
tafsir, akidah, sunnah, tafsir quran, kajian quran, surat al baqarah, misyari rasyid, muflih safitra, badrusalam, abu yahya badrusalam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar