RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tafsir Al Qur'an : Surat Al Baqarah Ayat 112-113 l Ustadz Abu Yahya Badrusalma, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam Al Quran
14 Dilihat

Deskripsi

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 112 – 113 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV pada Selasa, 16 Dzul Hijjah 1439 H / 28 Agustus 2018 M.


Dalam ayat ke 112 ini Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

بَلَىٰ مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّـهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِندَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ ﴿١١٢﴾
“(Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah[2]: 112)

Disini Allah subhanahu wa ta’ala hendak menjelaskan sifat orang yang berhak masuk surga.

FAIDAH AYAT:

Pertama, bahwa penduduk surga itu adalah yang terkumpul padanya dua sifat tadi. Yaitu ikhlas dan ittiba’ atau mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun untuk mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah mudah. Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan bahwa orang yang bisa menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai suri tauladan harus memiliki tiga sifat. Yaitu mengharapkan keridhaan Allah, mengharapkan kehidupan akhirat dan banyak berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Kedua, bahwa sebatas niat untuk ikhlas saja tidak cukup untuk diterima ibadahnya.

Ketiga, pahala yang didapatkan oleh orang yang ikhlas dan ittiba’ Rasul itu akan terus eksis nanti dihari akhirat dan tidak akan sia-sia.
selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS