Tafsir Al-Qur'an: Surat Al-Baqarah Ayat 149 - 150 l Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
102 Dilihat
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 149 – 150 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV pada Selasa, 14 Jumadal Akhirah 1440 H / 19 Februari 2019 M.

Allah Ta’ala berfirman:

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۖ وَإِنَّهُ لَلْحَقُّ مِن رَّبِّكَ ۗ وَمَا اللَّـهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ ﴿١٤٩﴾
“Dan dari mana saja kamu keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Rabbmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah[2]: 149)

Disini Allah Subhanahu wa Ta’ala kembali menegaskan kepada RasulNya untuk menghadap ke Masjidil Haram sebagai penegasan dan juga sebagai penguatan hati untuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Agar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak plin-plan, tidak usah takut dengan komentar-komentar orang. Karena orang-orang ahli kitab mencibir Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, orang-orang Munafik juga mencibir Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Demikian pula orang-orang Musyrikin.

Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala ingin menegaskan kembali kepada Rasulullah tentang hendaknya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menghadap ke Ka’bah.

Kata Syaikh Utsaimin, dari ayat ini kita ambil faidah:

Pertama, wajibnya menghadap ke Masjidil Haram di mana saja kita shalat.

Kedua, Allah mengulang-ulang perintah yang penting ini untuk menghadap ke Masjidil Haram. Karena ayat sebelumnya juga Allah memerintahkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menghadap ke Ka’bah. Dalam ayat ini Allah kembali mengulangi. Dan ayat setelahnya juga Allah akan kembali mengulangi. Ini adalah untuk lebih mengokohkan hati Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Al Quran
Label
kajian islam, ceramah pendek, kajian sunnah, dakwah tauhid, manhaj salaf, tafsir quran, surat al baqarah, ayat 149, al baqarah, surat, kajian quran, al quran, dakwah salaf, dakwah sunnah, ceramah, ahsanul bayan

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar