Tafsir Al-Quran Surat : Al-Baqarah ayat 80-83 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam.Lc)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
109 Dilihat
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 80 – 83 adalah kajian tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV.
Dalam ayat selanjutnya Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَقَالُوا لَن تَمَسَّنَا النَّارُ إِلَّا أَيَّامًا مَّعْدُودَةً ۚ قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِندَ اللَّـهِ عَهْدًا فَلَن يُخْلِفَ اللَّـهُ عَهْدَهُ ۖ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّـهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ ﴿٨٠﴾

“Dan mereka berkata: “Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja”. Katakanlah: “Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?” (Q.S Al-Baqarah [2]: 80)

Ayat diatas menggambarkan bagaimana mereka telah tertipu. Maka dari itu kita sebagai seorang muslim jangan sampai mempunyai perasaan seperti demikian. Terkadang ada orang yang tertipu ketika mendengar hadits tentang keutamaan orang yang wafat diatas tauhid. Bahwa Allah tidak akan mengadzab orang yang wafat diatas tauhid. Lalu setelah mendengar hadits tersebut, mereka mengatakan seperti yang dikatakan oleh orang Yahudi di atas. Orang Yahudi merasa dirinya anak-anak Allah yang diistimewakan oleh Allah. Sebagaimana dalam surat Al-Maidah Allah berfirman:

…وَقَالَتِ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَىٰ نَحْنُ أَبْنَاءُ اللَّـهِ وَأَحِبَّاؤُهُ ۚ

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani mengatakan: “Kami ini adalah anak-anak Allah dan kekasih-kekasih-Nya”. (Q.S Al-Maidah [5]: 18)

Lihatlah perbandingan mereka dengan para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in, tidak ada yang demikian. Jangankan sahabat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam hadits riwayat Bukhori. Ada seorang sahabat yang meninggal dunia bernama Utsman bin Mazh’un. Kemudian ada seseorang dari kalangan sahabiat yang bernama Ummul Ala mengatakan, “Selamat untuk kamu, sungguh Allah telah memuliakan kamu“. Mendengar hal tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Dari mana kamu tahu kalau Allah telah memuliakan dia?“. Kemudian Ummul Ala bertanya, “Lalu siapa orang yang dimuliakan ya Rasulullah?“. Kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Aku sendiri, sementara aku sebagai Rasulullah, aku tidak tahu apa yang Allah perbuat kepadaku”
Tafsir Al-Baqarah ayat ke-81 – Menit 09:00

Pada ayat selanjutnya, Allah subhanhu wa ta’ala berfirman:

بَلَىٰ مَن كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ فَأُولَـٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ ﴿٨١﴾

“(Bukan demikian), yang benar: barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (Q.S Al-Baqarah [2]: 81)
selamat menyimak semoga bermanfaat,
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/
Kategori
Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
kajian islam, ceramah singkat, ceramah agama islam, ceramah sunnah, rodjatv, radio rodja, kajian sunnah, kajian salaf, tafsir quran, surat al baqarah, ayat 80 83, abu yahya badrusalam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar