Tafsir Surat Al-Ghasyiyah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tafsir Surat Al-Ghasyiyah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam
996 Dilihat

Deskripsi

Sebuah video ceramah agama Islam dari seri Tafsir Al-Quran yang disampaikan secara rutin di Masjid Al-Barkah, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor. Dan ceramah ini adalah yang disampaikan pada Selasa malam, 19 Syawwal 1436 / 4 Agustus 2015, ba'da Maghrib hingga Isya', yang mana sebelumnya telah menyelesaikan penjelasan dari Tafsir Surat Al-Fajr, maka sekarang akan melanjutkan kepada Tafsir Surat Al-Ghasyiyah yang akan dibahas hingga tuntas (akhir ayat). Mari simak video ceramah yang penuh manfaat ini yang insya Allah banyak mengingatkan kita kepada hari kiamat.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ (الغاشية: ١)
“Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) al-ghaasyiyah?” (QS Al-Ghasyiyah [88]: 1)

Al-Ghasyiyah yaitu salah satu nama dari nama-nama hari kiamat, karena nama-nama hari kiamat banyak. Di antara nama hari kiamat itu al-ghaasyiyah. Kenapa disebut dengan al-ghasyiyah? Karena seluruh manusia akan mengalaminya. Hari kiamat pasti akan mengalami dan dialami oleh seluruh makhluk yang ada di langit dan di bumi.

Ibnu Abi Hatim berkata:
حدثنا أبي ، حدثنا علي بن محمد الطنافسي ، حدثنا أبو بكر بن عياش ، عن أبي إسحاق ، عن عمرو بن ميمون قال : مر النبي – صلى الله عليه وسلم – على امرأة تقرأ : ( هل أتاك حديث الغاشية ) فقام يستمع ويقول : ” نعم ، قد جاءني
“Dari bapakku, dari Ali bin Muhammad Ath-Thanaqisi, dari Abu Bakar bin ‘Iyyasy, dari Abu Ishaq, dari ‘Ammar bin Maimun, ia berkata, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melewati seorang wanita dalam keadaan wanita itu membaca ayat ini: “Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? (QS Al-Ghasyiyah [88]: 1)” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun berdiri dan mendengarkannya, lalu beliau bersabda, “Ya, telah datang kepadaku tentang berita hari kiamat itu.”

Hari kiamat itu pasti terjadi. Secara akal, itu pasti terjadi. Karena kita semua tahu yang namanya dunia itu fana, dan pasti Allah akan tegakkan suatu hari yang Allah akan memberikan pembalasan untuk setiap amalan-amalan hamba; di mana orang zalim akan merasakan balasan akibat kezalimannya dan orang yang berbuat dan beramal shalih, ia akan diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pahala atas amalannya tersebut.

Mengimani hari kiamat merupakan salah satu rukun iman, mengingatnya untuk memupuk keimanan adalah sebuah urgensi. Mari simak video ceramah seri Tafsir Juz 'Amma ini, Tafsir Surat Al-Ghasyiyah, di mana banyak mengingatkan kita kepada hari kiamat dan tanda-tanda hari kiamat.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=15204
Rodja.TV: http://rodja.tv/1120

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS