RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tafsir Surat Al-Mulk (Bagian ke-1) - (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam
662 Dilihat

Deskripsi

Video ceramah berikut mengawali seri kajian Tafsir Juz 29, di mana sebelumnya alhamdulillah kita telah menyelesaikan pelajaran Tafsir Juz 30. Kajian tafsir Al-Qur’an ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada Selasa malam, 27 Shafar 1437 / 8 Desember 2015, pukul 18:00-19:00 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor ini yaitu akan mempelajari tentang “Tafsir Surat Al-Mulk (Bagian ke-1)” dari kitab Tafsir Ibnu Katsir.

NB:
1. Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.
2. Qaddarallah, terjadi gangguan teknis untuk rekaman video “Tafsir Surat An-Naba’ (Bagian ke-2)“. Anda tetap dapat mengunduh rekaman audionya di http://www.radiorodja.com/?p=21225.

Tafsir Surat Al-Mulk (Bagian ke-1)
Tafsir Surat Al-Mulk

Setelah kita selesai dari pembahasan Tafsir Juz ‘Amma, kita insya Allah masuk ke Juz Tabarak. Kita mulai dari Surat Tabarak, yaitu Surat Al-Mulk, di mana Surat Al-Mulk ini adalah surat Makkiyah, Allah turunkan di Mekkah, dan mempunyai keutamaan agung, di antaranya hadits diriwayatkan Imam Ahmad. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda:

إن سورة في القرآن ثلاثين آية شفعت لصاحبها حتى غفر له : تبارك الذي بيده الملك

“Sesungguhnya ada sebuah surat di dalam Al-Qur’an yang berjumlah 30 ayat, ia akan memberi syafa’at kepada pembacanya sampai diampuni dosanya, yaitu surat “Tabarakalladzi biyadihil mulk” (Surat Al-Mulk).” (HR Ahmad)

Ini menunjukkan Surat Tabarak itu apabila kita membacanya, menghapalnya, dan mempelajarinya, maka surat ini akan memberikan syafaat kepada pelakunya sampai diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Di antara keutamaan Surat Tabarak, bahwa Surat Tabarak menyelamatkan pelakunya dari adzab kubur

ضرب بعض أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم خباءه على قبر وهو لا يحسب أنه قبر فإذا فيه إنسان يقرأ سورة تبارك الذي بيده الملك حتى ختمها فأتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله إني ضربت خبائي على قبر وأنا لا أحسب أنه قبر فإذا فيه إنسان يقرأ سورة تبارك الملك حتى ختمها فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم هي المانعة هي المنجية تنجيه من عذاب القبر

“Pernah ada sebagian sahabat membuat kemah di atas kuburan dan ia tidak menyangka kalau ternyata itu kuburan. Rupanya ia mendengar seseorang membaca Surat Mulk sampai selesai. Lalu sahabat ini mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan ia berkata, “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku membangun kemah di atas sebuah kuburan dan aku tidak tahu kalau itu kuburan, lalu aku mendengar suara orang yang membaca Surat Al-Mulk sampai selesai.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Surat Al-Mulk, surat yang mencegah, yang menyelamatkan ia dari adzab kubur.“” (HR Tirmidzi)

Hadits ini dalam sanadnya ada kelemahan, akan tetapi Syaikh Albani menghasankannya karena dikuatkan oleh jalan yang lainnya. Maka ini menunjukkan, bahwa Surat Tabarak apabila kita mempelajarinya dan memahaminya, maka surat ini akan menyelamatkan kita dari adzab kubur, insya Allah. Berarti betapa pentingnya kita untuk mempelajari Surat Tabarak ini.

Jangan lewatkan pelajaran dari Tafsir Surat Al-Mulk ini. Mari simak sekarang juga.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=17657
Rodja.TV: http://rodja.tv/2200

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS