Tafsir Surat An-Nazi'at dan Surat An-Naba' - (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
332 Dilihat

Berikut adalah ceramah agama dari seri Tafsir Juz ‘Amma yang berlangsung secara live di Rodja TV pada Selasa malam, 6 Shafar 1437 / 17 November 2015, pukul 18:00-19:00 WIB dari Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor. Pada kajian tafsir yang sebelumnya, Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. telah membahas tentang “Tafsir Surat An-Nazi’at (Bagian ke-1)“, maka pada kesempatan kali ini kita akan menyimak lanjutan pelajarannya, “Tafsir Surat An-Nazi’at (Bagian ke-2) dan Surat An-Naba’ (Bagian ke-1)“.

NB: Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Tafsir Surat An-Nazi’at (Bagian ke-2) dan Surat An-Naba’ (Bagian ke-1)
Tafsir Surat An-Nazi’at

أَأَنتُمْ أَشَدُّ خَلْقًا أَمِ السَّمَاءُ ۚ بَنَاهَا ﴿النازعات : ٢٧﴾
“Apakah kamu lebih sulit penciptaanya ataukah langit? Allah telah membinanya.” (QS An-Nazi’at [79]: 27)

Di sini, Allah Subhanahu wa Ta’ala berhujjah terhadap orang-orang yang meragukan akan adanya kebangkitan, orang-orang yang meragukan akan adanya kehidupan setelah kematian. Bahwa Allah mengatakan, “Penciptaan kalian (wahai manusia) apakah lebih berat? Atau penciptaan langit dan bumi? … (QS An-NAzi’at [79]: 27)” Tentu penciptaan langit dan bumi lebih berat dan lebih besar, sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman juga di dalam surat Ghafir, ayat ke-57:

لَخَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْ‌ضِ أَكْبَرُ‌ مِنْ خَلْقِ النَّاسِ … ﴿غافر : ٥٧﴾
“Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia …” (QS Al-Mukmin [40]: 57)

Allah juga berfirman dalam Surat Yasin, ayat ke-81:

أَوَلَيْسَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْ‌ضَ بِقَادِرٍ‌ عَلَىٰ أَن يَخْلُقَ مِثْلَهُم ۚ بَلَىٰ وَهُوَ الْخَلَّاقُ الْعَلِيمُ ﴿يس : ٨١﴾
“Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.” (QS Yasin [36]: 81)

Maka di sini, Allah mengajak manusia akal manusia untuk berpikir, kalau Allah mampu menciptakan langit 7 lapis dengan berbagai macam makhluknya: planet-planetnya, mataharinya, bintang-bintangnya, demikian pula malaikat-malaikatnya. Allah juga menciptakan buminya dengan tanahnya, pepohonannya, demikian pula hewan-hewannya. Maka bagi Allah untuk membangkitkan manusia dari alam kubur lebih mudah lagi.

Tafsir Surat An-Naba’ dimulai dari menit dan detik ke-33:57.

Silakan simak uraian tafsir dari 2 surat sekaligus, Tafsir Surat An-Nazi’at dan Tafsir Surat An-Naba’ melalui video ceramah ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=17220
Rodja.TV: http://rodja.tv/2160

Kategori
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar