Tauhid Yang Berhubungan Dengan Ibadah l Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
63 Dilihat
Tauhid Yang Berhubungan dengan Ibadah merupakan rekaman kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dan disiarkan secara langsung dari Sukamakmur pada 12 Jumadal Akhirah 1440 H / 17 Februari 2019 M.

Allah Ta’ala itu Tunggal dan Esa. Tidak ada sekutu bagi Allah dalam rububiyahNya, uluhiyahNya, nama-nama dan sifat-sifatNya. Dan Dialah Allah pemilik alam semesta ini. Satu-satunya Dzat yang berhak untuk mendapatkan seluruh macam-macam ibadah. Artinya semua ibadah itu hanya milik Allah, semua macam ibadah itu hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Apa yang dimaksud dengan rububiyah? Yaitu perbuatan-perbuatanNya seperti menciptakan, mematikan, menghidupkan, memberikan rezeki, memberikan manfaat, memberikan mudharat, itu semua adalah hak milik Allah saja. Tidak ada satupun makhluk yang mempunyai sifat seperti itu. Tidak ada makhluk yang bisa menciptakan alam semesta, tidak ada makhluk yang bisa memberikan rezeki, tidak ada makhluk yang bisa memberikan manfaat dan mudharat, tidak ada makhluk yang yang bisa menghidupkan dan mematikan, tidak ada makhluk yang mengetahui yang ghaib. Yang mengetahui yang ghaib hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Siapa yang punya keyakinan bahwa selain Allah ada yang mengetahui yang ghaib, maka ia telah jatuh dalam syirik rububiyah. Siapa yang punya keyakinan bahwa selain Allah ada yang bisa memberikan rezeki, maka ia jatuh ke dalam syirik rububiyah. Demikian pula menyembuhkan, itu hanya untuk Allah. Dokter tidak bisa menyembuhkan. Yang bisa menyembuhkan hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka siapa yang punya keyakinan bahwa dokter bisa menyembuhkan, ia telah jatuh dalam syirik rububiyah.

Makanya Nabi Ibrahim berkata:

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ ﴿٨٠﴾
“dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku,” (QS. Asy-Syu’ara[26]: 80)

Ini macam yang pertama dari tauhid, yaitu tauhid rububiyah. Yang kedua yaitu tauhid uluhiyah yang merupakan dakwah para Nabi dan Rasul. Bahkan tujuan diciptakannya manusia dan jin dan bahkan seluruh alam semesta ini. Allah megatakan:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ﴿٥٦﴾
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku saja.” (QS. Adz-Dzariyat[51]: 56).
Selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Yahya Badrusalam Aqidah
Label
ceramah, ceramah agama islam, rodjatv, radio rodja, kajian salaf, dakwh tauhid, manhaj, aqidah utama, seorang hamba, hamba yang jujur, tauhid

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar