RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tafsir Surat Al-'Alaq (Bagian ke-2) - (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam
85 Dilihat

Deskripsi

Simak lanjutan kajian tafsir bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor, yang mana ceramah dalam video ini adalah yang berlangsung live pada Selasa malam, 11 Jumadal Akhirah 1436 / 31 Maret 2015, ba’da Maghrib hingga Isya’ (waktu setempat). Pada kesempatan ilmiah sebelumnya, telah dibahas tentang “Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-3), Surat Al-Qadr, dan Surat Al-‘Alaq (Bagian ke-1)“, sehingga kali ini kita akan melanjutkan kepada “Tafsir Surat Al-‘Alaq (Bagian ke-2)“, sekaligus menyelesaikan tafsir dari surat tersebut. Mari simak video ceramah Tafsir Juz ‘Amma ini sekarang juga.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Tafsir Surat Al-‘Alaq (Bagian ke-2)
Tafsir Surat Al-‘Alaq

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (١) خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ (٢) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (٣) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (٤) عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (٥)
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,(1) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.(2) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,(3) Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,(4) Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.(5)” (QS Al-‘Alaq [96]: 1-5)

Sudah pernah kita sebutkan tentang sebab turunnya ayat ini, di mana ayat ini Allah turunkan ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada di Gua Hira. Dan dengan ayat ini juga, Allah mengangkat Rasulullah sebagai Nabi, di mana Rasulullah diangkat sebagai Nabi dengan Surat Iqra’ dan diangkat menjadi Rasul dengan Surat Al-Muddatstsir, yang di amna dalam Surat Al-Muddatstsir, Allah mengatakan:

قُمْ فَأَنذِرْ (٢) وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ (٣)
“Bangunlah, lalu berilah peringatan! Dan Tuhanmu agungkanlah!” (QS Al-Muddatstsir [74]: 2-3)

Ayo kita pelajari Tafsir Surat Al-‘Alaq dengan menyimak video ceramah tafsir Al-Quran ini sekarang.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=12603
Rodja.TV: http://rodja.tv/773

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS