RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tafsir Surat 'Abasa (Bagian ke-2) - (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam
45 Dilihat

Deskripsi

Alhamdulillah, Anda dapat menyimak kembali kajian tafsir melanjutkan pembahasan pekan sebelumnya, “Tafsir Surat ‘Abasa (Bagian ke-1)“. Ceramah ini adalah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada Selasa malam, 22 Al-Muharram 1437 / 3 November 2016, pukul 18:00-19:00 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Jl. Pahlawan, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor. Silakan simak “Tafsir Surat ‘Abasa (Bagian ke-2)“.

NB: Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Tafsir Surat ‘Abasa (Bagian ke-2)
Tafsir Surat ‘Abasa

قُتِلَ الْإِنسَانُ مَا أَكْفَرَ‌هُ ﴿١٧﴾ مِنْ أَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهُ ﴿١٨﴾ مِن نُّطْفَةٍ خَلَقَهُ فَقَدَّرَ‌هُ ﴿١٩﴾ – ﴿عبس : ١٧-١٩﴾
“Binasalah manusia; alangkah amat sangat kekafirannya? (17) Dari apakah Allah menciptakannya? (18) Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya. (19)” (QS ‘Abasa [80]: 17-19)

Sebagaimana telah kita bahas pada pertemuan kemarin (sebelumnya), di sini, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengingatkan bahwa kamu, wahai manusia, itu diciptakan oleh Allah dari sari pati air mani yang hina, lalu apa yang membuat kamu itu kafir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala? Padahal Allah yang sudah menciptakan manusia dari sari pati air mani, kemudian menjadi segumpal darah, kemudian menjadi segumpal daging, apa yang membuat kamu kafir, wahai manusia?

Tentu yang membuat manusia kafir itu karena kesombongan biasanya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mengingatkan (akan hal) ini. Kemudian Allah berfirman:

ثُمَّ السَّبِيلَ يَسَّرَ‌هُ ﴿عبس : ٢٠﴾
“Kemudian Dia memudahkan jalannya.” (QS ‘Abasa [80]: 20)

Artinya, jalan ke surga dan jalan ke neraka, sebagaimana kata Rasulullah, “Setiap kalian sudah ditentukan tempatnya di surga atau di neraka.”

قال : ففيم العمل يا رسول الله ؟ قال : كل ميسر لما خلق له .
“Para sahabat berkata, “Buat apa beramal kalau begitu, wahai Rasulullah, (kalau kita sudah ditentukan surga dan nerakanya)?” Kata Rasulullah, “Beramallah kalian, setiap kalian itu sudah dimudahkan untuk apa dia diciptakan.””

Kalau ia diciptakan untuk neraka, maka dimudahkan jalan menuju neraka, dimudahkan buat dia amalan-amalan penduduk api neraka. Kalau ia diciptakan untuk surga, Allah mudahkan ia jalan menuju surga, Allah jadikan dia mudah beramal shalih lalu dia pun wafat di atas ketaatan. Walaupun tentunya yang dianggap dari kemudahan yang Allah berikan itu di akhir hayatnya. Ketika di akhir hayatnya diberikan kemudahan dia taubat lalu dia wafat di atas taubatnya, masya Allah, ini orang-orang yang diberikan oleh Allah kemudahan jalan menuju surga.

Mari segera simak video ceramah ini untuk menuntaskan pelajaran kita tentang Tafsir Surat ‘Abasa serta menuai faedah ilmu dan iman darinya.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=16922
Rodja.TV: http://rodja.tv/2077

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS