RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Sahabat Rasulullah - (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
68 Dilihat

Deskripsi

Ceramah lanjutan dari bahasan kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam, di mana kajian ini adalah yang disampaikan live pada Senin malam, 9 Shafar 1436 / 1 Desember 2014, pukul 18:00-19:00 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor. Bahasan yang telah diselesaikan sebelumnya adalah tentang Hak-ke-4, yaitu Hak-Hak As-Sunnah. Kemudian pada kesempatan ini, kita akan melanjutkan kepada Hak ke-5, yaitu “Hak-Hak Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam“. Mari simak seri video ceramah yang membahas seputar Hak-Hak di dalam Islam bersama Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Hak-Hak Para Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Pada kesempatan yang mulia ini, kita akan melanjutkan pelajaran kita dari pembacaan kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam, dan kita memasuki sekarang pelajaran yang ke-5 tentang Hak Sahabat Rasul shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam. Pelajaran yang ke-5 ini sangat penting untuk kita perhatikan karena berkenaan dengan para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, kaum yang menukil Islam sehingga kita bisa merasakan ke-Islam-an dan nikmatnya Islam di hari ini. Mereka adalah kaum yang sangat mulia, yang hidup di zaman Rasul shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, melihat langsung Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beriman kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, dan mati di atas itu, (yakni) mati di atas keimanan.

Mereka, para sahabat adalah suatu kaum yang Allah memang pilih untuk menemani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, sebagaimana yang dikatakan oleh ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau pernah berkata:

إِنَّ اللَّهَ نَظَرَ فِي قُلُوبِ الْعِبَادِ ، فَوَجَدَ قَلْبَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرَ قُلُوبِ الْعِبَادِ ، فَاصْطَفَاهُ لِنَفْسِهِ ، فَابْتَعَثَهُ بِرِسَالَتِهِ ، ثُمَّ نَظَرَ فِي قُلُوبِ الْعِبَادِ بَعْدَ قَلْبِ مُحَمَّدٍ ، فَوَجَدَ قُلُوبَ أَصْحَابِهِ خَيْرَ قُلُوبِ الْعِبَادِ ، فَجَعَلَهُمْ وُزَرَاءَ نَبِيِّهِ ، يُقَاتِلُونَ عَلَى دِينِهِ ، فَمَا رَأَى الْمُسْلِمُونَ حَسَنًا ، فَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ حَسَنٌ ، وَمَا رَأَوْا سَيِّئًا ، فَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ سَيِّئٌ
“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala melihat hati-hati para hamba, kemudian Allah mendapati hati Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling baik dari hati-hati para hambaNya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala pilih beliau dan Allah utus dengan risalahNya. Kemudian setelah hati Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Allah Subhanahu wa Ta’ala melihat hati-hati hambaNya, dan Allah mendapati hati-hati para hambaNya yang paling baik setelah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hati-hati para sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian Allah jadikan para sahabat sebagai orang-orang yang dekat dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan mereka berperang di atas agamaNya.”

Inilah sahabat Rasul shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam. Allah puji tentang mereka banyak dalam Al-Qur’an. Dan yang disebut rijaal itu adalah para sahabat, (yakni) di Surat Al-Ahzab, ayat ke-23:

مِّنَ الْمُؤْمِنِينَ رِ‌جَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّـهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُم مَّن قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُم مَّن يَنتَظِرُ‌ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا ﴿الأحزاب : ٢٣﴾
“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang (sahabat) yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya),” (QS Al-Ahzab [33]: 23)

Mari simak apa saja keutamaan dan hak-hak dari para Sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=9915
Rodja.TV: http://rodja.tv/841

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS