RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Islam (Bagian ke-1) - (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
27 Dilihat

Deskripsi

Mari simak kembali video ceramah dari kajian kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam, sebuah kitab karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha ‘Abdul Wahid hafidzahullah yang banyak menjelaskan tentang berbagai hak yang ada dalam agama Islam yang mulia ini. Sebelumnya, kita telah menyelesaikan pembahasan hak ke-15, “Hak-Hak Istri“, maka pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan kepada Hak ke-16, yaitu “Hak-Hak Islam (Bagian ke-1)“. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin malam, 16 Rajab 1436 / 4 Mei 2015, pukul 18:00-19:00 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor.

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Hak-Hak Islam (Bagian ke-1)
Pada kesempatan yang mulia ini, kita memasuki pelajaran yang ke-16, yakni hak yang ke-16. Hak yang ke-16 ini adalah “Hak Islamhafidzahullahu Ta’ala akan berbicara sebelum menjelaskan tentang hak-hak Islam yang beliau sebutkan ada 5 hak yang harus kita perhatikan, beliau menyebutkan tentang makna Islam secara umum.

Makna Islam
Beliau menyebutkan dalil-dalil dari Al-Qur’an, bahwa Islam itu ada 2, Islam dengan makna umum dan makna khusus.

Islam secara umum adalah agama / din yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada seluruh nabiNya. Beliau sebutkan di antaranya adalah Surat Yunus, ayat ke-71 dan ke-72, yang berbicara tentang Nabi Nuh ‘alaish shalatu was salam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ نُوحٍ إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ يَا قَوْمِ إِن كَانَ كَبُرَ‌ عَلَيْكُم مَّقَامِي وَتَذْكِيرِ‌ي بِآيَاتِ اللَّـهِ فَعَلَى اللَّـهِ تَوَكَّلْتُ فَأَجْمِعُوا أَمْرَ‌كُمْ وَشُرَ‌كَاءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ أَمْرُ‌كُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوا إِلَيَّ وَلَا تُنظِرُ‌ونِ ﴿٧١﴾ فَإِن تَوَلَّيْتُمْ فَمَا سَأَلْتُكُم مِّنْ أَجْرٍ‌ ۖ إِنْ أَجْرِ‌يَ إِلَّا عَلَى اللَّـهِ ۖ وَأُمِرْ‌تُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ ﴿٧٢﴾ – ﴿يونس : ٧١-٧٢﴾
“Dan bacakanIah kepada mereka berita penting tentang Nuh di waktu dia berkata kepada kaumnya: “Hai kaumku, jika terasa berat bagimu tinggal (bersamaku) dan peringatanku (kepadamu) dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah-lah aku bertawakal, karena itu bulatkanlah keputusanmu dan (kumpulkanlah) sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku). Kemudian janganlah keputusanmu itu dirahasiakan, lalu lakukanlah terhadap diriku, dan janganlah kamu memberi tangguh kepadaku. (71) Jika kamu berpaling (dari peringatanku), aku tidak meminta upah sedikit pun dari padamu. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah belaka, dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri (kepadaNya) – orang-orang Islam.” (72)” (QS Yunus [10]: 71-72)

Permasalahan yang sedang kita hadapi adalah pernyataan Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang Nabi Nuh ‘alaihish shalatu was salam, di mana Nabi Nuh berkata, “وَأُمِرْ‌تُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ“, (artinya:) “Aku diperintah agar aku menjadi orang Islam.” Ini menunjukkan bahwa Nabi Nuh Muslim secara umum.

Begitu juga Nabi Ibrahim datang ke tengah-tengah kaumnya membawa Islam. Begitu juga Nabi Ya’qub. Allah Subhanahu wa Ta’ala firmankan dalam Surat Al-Baqarah, ayat ke-132:

وَوَصَّىٰ بِهَا إِبْرَ‌اهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّـهَ اصْطَفَىٰ لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ ﴿البقرة : ١٣٢﴾
“Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam.”” (QS Al-Baqarah [2]: 132)

Islam adalah agama yang sangat mulia dan satu-satunya agama yang diridhai di sisi Allah, Rabb semesta alam. SImak yuk apa saja hak-hak Islam yang wajib kita tunaikan sebagai seorang Muslim, yang semoga dengan menyimak dan mengamalkannya membawakan kita kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=13416
Rodja.TV: http://rodja.tv/2221

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS