RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Orang Tua (Bagian ke-2) - (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
50 Dilihat

Deskripsi

Alhamdulillah dapat kita lanjutkan kembali pembahasan dari bab “Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya”. Pembahasan ilmiah yang diangkat dari kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi pada Senin, 28 Rabiul Awwal 1436 / 19 Januari 2015, pukul 18:00-19:00 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor. Silakan simak “Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya (Bagian ke-2)“.

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya (Bagian ke-2)
Pada kesempatan yang mulia ini, insya Allahu Ta’ala, kita akan melanjutkan materi kita tentang “Hak Orang Tua yang Harus Dipenuhi oleh Anaknya”, dari pelajaran yang ke-7 (dari kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam). Pada pertemuan yang lalu, kita telah membahas bagaimana hak yang pertama yang harus kita penuhi untuk orang tua kita, di mana kita semua wajib menggauli kedua orang tua kita dengan baik di dunia ini dan jika mereka masih dalam keadaan kafir atau musyrik (maka) tetap kita harus menggauli mereka dengan baik dan tidak mengikuti kekafiran serta kesyirikan mereka.

Pada kesempatan yang mulia ini, kita akan melanjutkan pembahasan kita dari hak orang tua yang harus kita penuhi, di mana hak yang kedua ini adalah wajib bagi kita semua.
2. Berbakti kepada Kedua Orang Tua, baik Masih Hidup maupun Sudah Meninggal

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Isra’, ayat ke-23 dan ke-24:

وَقَضَىٰ رَ‌بُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ‌ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْ‌هُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِ‌يمًا ﴿٢٣﴾ وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّ‌حْمَةِ وَقُل رَّ‌بِّ ارْ‌حَمْهُمَا كَمَا رَ‌بَّيَانِي صَغِيرً‌ا ﴿٢٤﴾ – ﴿الإسراء : ٢٣-٢٤﴾

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (23) Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”” (QS Al-Isra’ [17]: 23-24)

Mari simak berbagai hak-hak orang tua yang kita sebagai anak-anaknya wajib untuk menunaikannya, termasuk tentang bahasan bagaimana cara kita untuk berbakti kepada kedua orang tua yang sudah meninggal dunia dan keutamaan berbakti kepada orang tua.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=11019
Rodja.TV: http://rodja.tv/1098

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS