RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Allah (Bagian ke-1) - (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
84 Dilihat

Deskripsi

Ceramah agama Islam berseri sekaligus pembahasan perdana dari kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam, karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha. Ceramah ini adalah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin malam, 21 Dzulqa’dah 1435 / 15 September 2014, pukul 18:00-19:15 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Cileungsi, Bogor, dan disiarkan secara live oleh Rodja TV. Kitab Tabshiratul Anam ini mengupas seputar materi Hak-Hak di Dalam Islam yang penting dan hampir lupa dan dilupakan oleh manusia. Pembahasan kitab ini mencakup seluruh hak-hak syar’i yang wajib ditunaikan oleh seorang Muslim.

Mari simak hak pertama sekaligus hak yang paling agung yang disebutkan dalam kitab tersebut, “Hak-Hak Allah atas Setiap HambaNya (Bagian ke-1)“.
Rekaman audio: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. – Hak-Hak Allah atas Setiap HambaNya (Bagian ke-1) dari Kitab Tabshiratul Anam

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Muqaddimah
Pada kesempatan yang mulia ini, kita akan memulai mengkaji sebuah kitab yang ditulis oleh Abu Islam Shalih bin Thaha ‘Abdul Wahid. Beliau beri judul kitab ini dengan “Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam” (تبصرة الأنام بالحقوق في الإسلام). Kitab ini di-taqdim (direkomendasikan) oleh Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman.

Kitab ini berbicara tentang hak-hak yang ada di dalam Islam, hak-hak syar’iyyah, dimulai dengan hak yang paling agung / besar yakni hak Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian hak Rasul shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam, kemudian hak para sahabat beliau ‘alaihimu shalatu wasalam, ridhwanallahu ‘alaihim ajma’in, kemudian juga tentang hak orang tua, hak anak, hak kerabat, tentang silaturahmi, kemudian juga tentang hak yatim, hak-hak istri dan hak-hak suami, dan berbagai macam jenis hak sampai ada 40 bab di sini, yang ini merupakan pelajaran-pelajaran sangat penting untuk kita, untuk kaum Muslimin. Kita berbicara tentang hak-hak yang ada di dalam Islam di masa / di zaman manusia menyia-nyiakan hak-hak ini. Oleh karena itu, hendaknya setiap kita mengenal hak-hak yang ada supaya kita bisa melaksanakannya dengan benar.

Penulis dalam buku ini menyebutkan dua dalil dari Al-Qur’an dan dari Sunnah Rasul shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam tentang huquq ini, hak-hak ini.

Pertama, beliau menyebutkan, salah satu ayat yang ada dalam Surat An-Nisa’, yang dikenal dengan ayatul huquq, (yaitu) “ayat yang berisi tentang hak-hak. Di dalam Surat An-Nisa’, ayat ke-36, Allah, Rabbuna, Rabbussamawati wal ardh berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّـهَ وَلَا تُشْرِ‌كُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْ‌بَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ‌ ذِي الْقُرْ‌بَىٰ وَالْجَارِ‌ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورً‌ا ﴿النساء : ٣٦﴾
“(1.) Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatu pun. (2.) Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak (orang tua), (3.) karib-kerabat, (4.) anak-anak yatim, (5.) orang-orang miskin, (6.) tetangga yang dekat, dan (7.) tetangga yang jauh, dan (8.) teman sejawat (sebagian mufassirin mengatakan, bahwa kepada istri), (9.) ibnu sabil (kaum musafirin yang kehabisan bekal), dan (10.) hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS An-Nisa’ [4]: 36)

Ini disebut oleh para ulama dengan ayat al-huquq, ayat yang berisi tentang hak-hak.

Kemudian yang kedua, hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam, hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Bukhari di dalam Shahih-Nya. Dari Abu Juhaifah, Wahab bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu:

Salman radhiyallahu ‘anhu berkata kepada Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu:

إِنَّ لِرَبِّكَ عليك حَقًّا، وإِنَّ لِنَفْسِكَ عليك حَقًّا، ولأهْلِكَ عليك حَقًّا. فَأَعْطِ كُلَّ ذِي حَقٍّ حَقَّهُ
“Sesungguhnya Rabb-mu memiliki hak, dan sesungguhnya tubuhmu juga ada haknya, dan sesungguhnya istrimu juga ada haknya. Maka berikanlah setiap yang memiliki hak tersebut haknya.”

Simak yuk penjelasan terperinci tentang hak-hak dalam Islam, yakni hak-hak yang semestinya kita tidak pernah alfa dengannya walau sebagian besar manusia terlalai darinya. Silakan ikuti pelajarannya dengan menyimak video ceramah ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=8265
Rodja.TV: http://rodja.tv/180

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS