RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Istri (Bagian ke-2) - (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
24 Dilihat

Deskripsi

Sebuah ceramah agama lanjutan dari bahasan Hak ke-15 dari kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam, di mana sebelumnya telah dibahas sebagiannya. Silakan simak “Hak-Hak Istri atas Suaminya (Bagian ke-2)“, sebuah bahasan yang sangat bermanfaat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Ceramah ini disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor pada Senin malam, 9 Rajab 1436 / 27 April 2015, pukul 18:00-19:00 WIB dan disiarkan secara langsung di Rodja TV.

NB: Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Hak-Hak Istri atas Suaminya
Kita sudah sampai pada pelajaran yang ke-15 dari hak yang ke-15, masih berbicara tentang “Hak Istri atas Suaminya”, apa yang harus ditunaikan oleh para suami dari hak-hak istri mereka. Dalam kesempatan yang lalu, kita baru membahas 3 hak dari hak istri yang harus ditunaikan oleh suaminya, dan di dalam kitab ini disebutkan ada 6 hak. Walaupun kita tahu bahwa hak istri lebih dari itu, tapi setidaknya ini yang paling penting yang harus diperhatikan.
Hak Istri

1. Menggauli Istri dengan Baik
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

… وَعَاشِرُ‌وهُنَّ بِالْمَعْرُ‌وفِ ۚ … ﴿النساء : ١٩﴾
“… Dan bergaullah dengan mereka secara patut. …” (QS An-Nisa’ [4]: 19)

Menggauli istri, berakhlak dengan akhlak yang mulia di depan istri, ini merupakan ciri-ciri keimanan, bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, adalah orang yang paling baik keimanannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadits yang hasan shahih riwayat Tirmidzi:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.”

Dari sini kita tahu, bahwa akhlak ini adalah sesuatu yang sangat penting, bukan sesuatu yang sepele. Janganlah kita berkata seperti sebagian kita yang berkata, “Akhlak nggak penting, yang penting aqidah.” Justru kata Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.”

(Yaitu) akhlak, baik itu akhlak kepada sesama manusia yang lain, terlebih lagi kepada istri. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا
“Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya terhadap istrinya.”

Keseluruhan hak istri yang dibahas dalam kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam ini ada 6 hak utama, simak selengkapnya melalui video ceramah ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=13240
Rodja.TV: http://rodja.tv/2038

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS