RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Tafsir Surat Al-Fajr (Bagian ke-2) - (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam
36 Dilihat

Deskripsi

Ceramah seri Tafsir Juz ‘Amma ini adalah yang disampaikan secara langsung di Masjid Al-Barkah, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Selasa malam, 23 Sya’ban 1436 / 9 Juni 2015, pukul 18:00-19:00 WIB. Kajian tafsir yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam ini menyelesaikan Tafsir Surat Al-Fajr, di mana sebagian tafsirnya telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya. Mari simak “Tafsir Surat Al-Fajr (Bagian ke-2)“.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Tafsir Surat Al-Fajr (Bagian ke-2)
Tafsir Surat Al-Fajr
وَالْفَجْرِ (١) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (٢) وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (٣) وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ (٤) هَلْ فِي ذَلِكَ قَسَمٌ لِّذِي حِجْرٍ (٥)
“Demi fajar,(1) dan malam yang sepuluh,(2) dan yang genap dan yang ganjil,(3) dan malam bila berlalu.(4) Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal.(5)” (QS Al-Fajr [56]: 1-5)

Di sini, Allah Subhanahu wa Ta’ala bersumpah dengan waktu Fajar. Asy-Syaikh ‘Abdurrahman As-Sa’di ketika menafsirkan ayat ini, beliau berkata:

فأقسم تعالى بالفجر، الذي هو آخر الليل ومقدمة النهار، لما في إدبار الليل وإقبال النهار، من الآيات الدالة على كمال قدرة الله تعالى، وأنه وحده المدبر (1) لجميع الأمور، الذي لا تنبغي العبادة إلا له، ويقع في الفجر صلاة فاضلة معظمة، يحسن أن يقسم الله بها،
“Allah bersumpah dengan waktu fajar, ia merupakan akhir malam, karena ketika pergi malam dan datang siang menunjukkan akan kebesaran kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bahwasanya Allah yang mengatur seluruh urusan-urusan manusia. Maka tidak layak ibadah kecuali hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala saja. Allah bersumpah dengan waktu fajar karena di situ ada shalat Fajar (Subuh), yang disebut dengan shalat yang disaksikan.”

Mari tuntaskan pelajaran dari Tafsir Surat Al-Fajr dengan menyimak ceramah agama ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=15194
Rodja.TV: http://rodja.tv/1076

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS